7 Agu 2008

Bagaimana kalau terkena PHK ?

Jika berhenti Kerja (PHK)
Siapa yang ingin di 'PHK' ? Siapa yang berani mem - PHK dirinya sendiri ? semua tergantung dari situasi dimana anda berada saat itu. Inilah beberapa tips mudah agar anda nyaman saja saat terkena PHK.

1. Work Hard
Bekerja keras itu perlu sekali , saat terkena PHK ataupun belum mengalami PHK. Apapun pekerjaan anda , tuntutan dari perusahaan dimana anda bekerja adalah anda harus menjadi seorang pekerja keras. Kalau masih cinta pekerjaan , harus bekerja keras. Kalau mau mem - phk anda sendiri ? Anda harus bekerja keras menemukan solusi pekerjaan yang anda impikan...............
2. Work Smart
Bekerja pintar , tidak semua orang bisa menjalankannya. Bagi anda selaku karyawan / pegawai , jika anda ingin selamat dari PHK tersebut , anda harus bekerja pintar. Contohnya : Pintar mengambil hati atasan , pintar mengambil hati / dukungan dari bawahan dan pintar menggunakan waktu , loyalitas tinggi dan memiliki kepandaian diatas rata - rata rekan kerja anda. Bagi yang ingin mem - PHK kan diri ? Anda harus sudah menyiapkan suatu pekerjaan baru, sumber income baru ataupun kontrak baru.
3. Building Trust
Membangun kepercayaan kepada seluruh rekan di lingkungan kerja anda , ini penting sekali. Tumbuhkan sikap saling menghargai, percaya satu sama lain, disiplin dan tidak berbohong. Dari sinilah cikal bakalnya membangun sebuah network yang besar , network tersebut akan sangat bermanfaat di masa depan anda. Meskipun anda sudah keluar dari pekerjaan anda, jika anda sudah membangun nya dengan trust , maka akan banyak orang selalu menaruh hormat, percaya kepada diri anda.
4. Explore Your Skills
Di era yang canggih seperti ini , ekplorasi tidak saja berlangsung di sumber - sumber alam kekayaan negara saja, akan tetapi ekplorasi terhadap diri anda sendiri sangatlah penting. Menggali nilai - nilai yang terpendam, keahlian dan potensi diri anda secara maksimal. Temukan sesuatu di diri anda yang bisa dijadikan senjata untuk tetap maju dan berkembang. Potensi - potensi menjadi seorang pengusaha, pedagang ataupun entrepreneur ada di setiap diri manusia. Cara yang paling efektif adalah dengan membaca buku , mengikuti komunitas bisnis, ikut seminar, kursus ataupun tanya kepada atasan anda.
5. Building New Income
Ini perlu dan menjadikan keharusan. Jika saat anda bekerja di sebuah perusahaan , anda pasti senang dengan Gaji besar yang anda terima , fasilitas yang anda dapatkan. Jangan hanya senang saja , tetapi cobalah menjadikan uang gaji anda tersebut alat anda untuk membuka sumber - sumber income baru, sehingga anda tidak bergantung kepada gaji saja setiap bulan nya. Boss anda , atasan anda yang cerdik pasti memiliki ilmu tentang hal ini, coba tanyakan kepada mereka. Atau , anda mulai berpikir juga untuk membangun sumber - sumber income dari Internet ? Nah , kini saatnya telah tiba !